Chat With Us

RoboTroniX. Diberdayakan oleh Blogger.
Minggu, 26 Agustus 2012

NAO si Robot Humanoid yang lucu

Aldebaran Robotics merilis robot humanoid baru yang sangat lucu dan imut-imut. Founder dari Aldebaran Robotics sebuah perusahaan startup dari Perancis yang berkantor pusat di Paris, Bruno Maisonnier berharap robot ini bisa bermanfaat bagi manusia. Robot ini diberi nama Nao Next Gen. Robot ini memiliki 2 microphone yang berfungsi untuk menerima suara sebagai suatu perintah (Wah hebat ya sobat!!). Nao adalah robot humanoid berukuran sedang yang otonom dan dapat diprogram. Proyek Nao diluncurkan pada tahun 2004. Pada tanggal 15 Agustus 2007 Nao menggantikan robot anjing milik Sony yaitu Aibo sebagai robot yang digunakan dalam kompetisi Liga Platform Standar (LPS) pada Piala dunia sepak bola robot (Robocup), suatu kompetisi robotika internasional. Nao sudah digunakan dalam RoboCup 2008 dan 2009, dan NaoV3R terpilih sebagai platform untuk LPS pada RoboCup 2010

Pada musim panas tahun 2010, Nao membuat berita global dengan melakukan rutin tarian yang disinkronisasi dalam acara Shanghai Expo di Cina. Di bulan Desember 2010, robot Nao mampu mendemonstrasikan rutin komedi, dan versi terkini yang telah dirilis memiliki fitur sculpted arms dam motor yang telah dikembangkan. Nao juga sudah hadir di Indonesia bersamaan dengan dibukanya World Robotic Explorer, rumah robot pertama di dunia yang didirikan di Jakarta tanggal 11 Desember 2010.
Pada robot Nao, sudah diprogram sedemikian rupa agar dapat berkomunikasi dengan manusia layaknya manusia sungguhan. Bahkan pada robot ini juga sudah diprogram agar dapat mengerti 8 bahasa. Selain itu, Nao yang memiliki tinggi 59 cm, juga dibuat agar dapat bergerak layaknya manusia. Bahkan saat Nao akan jatuh, dia bisa bereaksi agar tidak terjatuh juga lho. Wah hebat sekali si Nao ini ya sobat. 

Robot ini memiliki keseimbangan yang bagus dan sanggup menaiki tangga. Tangga tersebut pun bukan tangga biasa, melainkan tangga spiral yang memiliki kesulitan lebih tinggi dibandingkan tangga lurus. Dalam sebuah uji kemampuan, para peneliti memang sengaja menyiapkan tangga spiral. Mereka beranggapan bahwa tangga spiral lebih menantang karena permukaan setiap tangga memiliki bentuk yang berbeda. Dan, robot canggih ini pun berhasil melakukan hal tersebut berkat kamera monocular murah yang dikombinasikan dengan laser scanner Hokuyo 2D yang disematkan pada bagian kepala robot. Laser 2D bertugas untuk mengambil data lokal sementara kamera diletakkan pada bagian bawah untuk mendeteksi ujung dari tangga. Dengan kedua perangkat tersebut, robot ini pun mampu mengkalkulasi langkahnya dengan aman.

Robot Nao Next Gen dilengkapi dua kamera video HD untuk mata dan menggunakan teknologi Nuance untuk voice recognition (pengenalan suara) dengan algoritma mekanisme gerakan berjalan yang lebih baik serta smart torque control untuk meningkatkan koordinasi tubuh robot. Untuk pemrosesan robot ini mengandalkan chip ATOM dengan kecepatan 1.6 Ghz. Aldebaran Robotics telah berhasil menjual robot Nao versi sebelumnya sebanyak 2000 unit di mana harga Nao versi sebelumnya adalah  16000 USD atau 150 jutaan rupiah.

Nah berikut ini adalah spesifikasi dari si robot canggih Nao. Pasti pada penasaran kan apa aja sih bagian-bagian dari si robot cerdas Nao ini :

Wao, kompleks banget ya bagian-bagian dari si robot nao ini. Bahkan bisa kita lihat, si Nao juga punya Operating System lho, dia pake Linux. Salut deh buat NAO. Mudah-mudahan nanti ada anak-anak Indonesia yang bisa bikin robot seperti NAO ya sobat..

0 komentar: