Chat With Us

RoboTroniX. Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 12 Mei 2012

Siswa Berprestasi Tingkat SMP Se-Kota Bekasi

Pada tanggal 28 April 2012, tim RoboTroniX membantu salah satu siswa dari sekolah yang ada dibekasi untuk mengikuti perlombaan Siswa Berprestasi tingkat SMP se Kota Bekasi. Dalam perlombaan tersebut, terdapat sesi Keterampilan dimana siswa dituntut untuk mampu membuat suatu kreatifitas dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  

Sistem Peringatan Dini untuk Pendeteksi Tanah Longsor Disini, tim RoboTroniX membantu untuk mendesain konsep alat Pendeteksi Tanah Longsor yang dibuat dengan menggunakan Lego Mindstroms. Konsep dari alat ini semua dipikirkan oleh Siswa, sedangkan Tim RoboTroniX hanya membantu untuk mempersiapkan alat dan membantu memberikan konsultasi saja. 

Cara kerja dari Sistem Peringatan Dini untuk Pendeteksi Tanah Longsor ini cukup sederhana. Pada bagian atas, dibuat sebuah simulator Gempa yang berfungsi untuk menjatuhkan tanah. Dibagian bawahnya dibuatkan suatu bidang miring yang berfungsi untuk menyalurkan tanah yang jatuh ke tanggul bagian bawah. ditengah-tengah bidang miring tersebut dipasangkan sensor Light yang berfungsi untuk mendeteksi longsoran tanah dari simulator gempa. Saat tanah melewati sensor Light, maka akan terjadi perubahan kondisi pada sensor dan kemudian sensor akan mengirimkan sinyal kepada NXT untuk membunyikan alarm. 

Walaupun belum berhasil mendapatkan juara, dikarenakan banyaknya faktor penilaian pada lomba tersebut namun hal ini akan memberikan banyak pengalaman berharga bagi tim RoboTroniX dan juga peserta.

0 komentar: