Chat With Us

RoboTroniX. Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 15 Maret 2012

BASIC

Tingkatan ini adalah untuk siswa-siswi TK hingga kelas 2 Sekolah Dasar. Disini, siswa akan dikenalkan bentuk-bentuk dasar bangunan 1dimensi hingga 3 dimensi. Hal ini sangat penting bagi siswa untuk menanjutkan ke level berikutnya. Pada level Intermediate siswa dituntut untuk dapat membuat bangunan - bangunan 3 dimensi yang memiliki bentuk yang kokoh. Dengan dasar yang kuat pada level Basic, siswa nantinya akan mudah mengikuti pelajaran di level Intermediate dan tentunya siswa juga akan cepat menyelesaikan level Intermediate tersebut. Untuk lebih membuat siswa semangat belajar dan juga menambah pengetahuan siswa mengenai lego, pada level Basic akan diajarkan pula materi Lego We-Do. We-Do sangatlah interaktif bagi anak-anak, disini siswa sudah mulai diperkenalkan dengan program-program dasar. Pada project We-Do, siswa selain dituntut dapat membuat Building yang bagus juga harus paham program dasar yang nantinya digunakan untuk mengerakkan bentuk-bentuk binatang atau bentuk lain yang telah mereka buat. 


Belajar Gear dari Mobil F-1
Gambar disamping merupakan salah satu contoh bentuk We-Do yang dapat dibuat oleh siswa. Pada project ini, siswa juga sudah diperkenalkan dengan sensor. Sensor yang dipakai pada project ini adalah sensor Infrared, cara kerjanya cukup sederhana. Apabila ada benda yang menghalangi sensor yang diletakkan pada mulut Alligator, maka mulut Alligator akan tertutup. Dan apabila tidak ada benda yang menghalangi sensor tersebut, maka mulut si Buaya ini akan terbuka. Selain itu, siswa juga sudah diajarkan sedikit tentang konsep Gear yang membuat robot Alligator dapat membuka dan menutup mulutnya secara otomatis. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain membuat bentuk bangunan, hewan atau tanaman siswa juga diajarkan program-program sederhana yang digunakan untuk menggerakan bentuk yang telah dibuat oleh siswa. Program yang diajarkan pun tidak terlalu rumit dan dibuat cukup mudah untuk anak-anak. Siswa hanya perlu mencontoh program yang sudah ada dan menjalankannya saja. Nantinya Instruktur akan menjelaskan kepada siswa bagaimana cara kerja program tersebut. 

Program Lego We-Do
  

0 komentar: